Selasa, 06 Juni 2023

Even WWDC 2023 Apple meluncurkan produk apa?

Produk Apple (Pixabay/Pexels)

Ajang tahunan Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 baru saja digelar oleh Apple.  Even developer tahunan ini diselenggarakan pada 5-9 Juni 2023. WWDC menjadi ajang tahunan yang dinantikan oleh para pengembang, penggemar teknologi, dan insan industri untuk melihat-lihat pembaruan perangkat lunak terbaru, peluncuran produk, dan kemajuan teknologi dari Apple. 

Pertama kali diadakan pada tahun 1983, WWDC awalnya dikenal dengan sebutan "Apple Developers Conference". Pada saat itu, tujuannya adalah untuk menyatukan para pengembang Apple yang sedang berkembang pesat dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengetahuan, bertukar ide, dan mempelajari teknologi terbaru dari Apple. Seiring berjalannya waktu, WWDC berkembang menjadi salah satu acara yang paling penting dalam industri teknologi. 

Beberapa hal penting dalam perjalanan WWDC diantaranya pada 1997 kembalinya Steve Jobs sebagai CEO yang mengumumkan pembaruan dalam sistem operasi Macintosh. Berlanjut pada tahun 2001 mulai diluncurkan Mac OS X sebagai sistem operasi baru. Kemudian tahun 2007 peluncuran iPhone pertama kali ke dunia. Tahun 2010 menjadi tahun debut iPad. Tahun 2014 Apple meluncurkan Apple Watch. Hingga tahun 2020 Apple mulai transisi ke Apple Silicon sebagai chip kustom buatan mereka sendiri. Dalam beberapa dekade terakhir, WWDC telah menjadi panggung bagi Apple untuk mengungkapkan inovasi yang luar biasa, menginspirasi pengembang di seluruh dunia, dan memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka.

Baca juga: Apple Vision Pro Diumumkan, Mahal Tapi Lebih Menggoda dari iPhone 15

Lalu, even WWDC 2023 ini menjadi kesempatan bagi Apple merilis produk terbarunya yaitu Vision Pro, sebuah perangkat headset berbasis Augmented Reality. Seperti dipamerkan oleh CEO Apple Tim Cook, pengguna Vision Pro bisa memilih berbagai konten melalui kacamata dengan cara menggeser layar dengan gerakan jari. Kacamata ini juga bisa dilengkapi oleh kamera 3D dan mikrofon untuk merekam video dan mengambil foto 3D. Fitur yang membuat Vision Pro berbeda dengan kacamata lain adalah pilihan untuk menampilkan mata pengguna sehingga terlihat oleh orang-orang di sekelilingnya. Pengguna bisa memilih untuk sepenuhnya tenggelam di dunia virtual, yaitu dengan membuat seluruh pandangannya ke dunia nyata gelap. Ketika didekati oleh orang lain yang juga di mode virtual, keduanya akan bisa saling melihat satu sama lain.

Selain Vision Pro, Apple juga meluncurkan beberapa produk penting lain sebagai berikut.

iOS 17

Salah satu produk yang cukup ditunggu adalah sistem operasi terbaru iPhone, yaitu iOS 17. Penerus iOS 16 itu dibekali beberapa fitur baru, salah satunya yang menarik adalah poster kontak, yang memungkinkan pengguna membuat poster buat ditampilkan saat menelepon.

iPadOS 17

Apple turut merilis sistem operasi terbaru untuk iPad, yakni iPadOS 17. Sistem operasi iPad terbaru itu membawa sejumlah fitur baru, seperti fitur modifikasi Lock Screen, penambahan aplikasi Health, fitur AutoFill di dokumen PDF, dan masih banyak lagi.

MacOS Sonoma

Untuk perangkat desktop, Apple juga merilis sistem operasi terbaru, yaitu MacOS 14 Sonoma. Salah satu fitur baru yang cukup menarik dari MacOS Sonoma adalah kehadiran Game Mode untuk mendukung pengalaman bermain game di desktop Mac.

WatchOS 10

Untuk perangkat jam tanggan pintar Apple Watch, Apple merilis sistem operasi terbaru, yaitu WatchOS 10. Di WatchOS 10, salah satu fitur terbaru yang cukup menarik adalah fitur pemantauan kondisi kesehatan mental pengguna lewat aplikasi Mental Health.

Update fitur perangkat Audio dan Home

Perangkat Audio dan Home, seperti Apple TV, speaker HomePod, dan AirPods, juga tak luput mendapat pembaruan fitur. Misalnya, Apple TV lewat TVOS terbaru kini dapat dipakai untuk mengakses FaceTime dengan kamera dari iPhone atau iPad yang tertaut.

Chip M2 Ultra

Apple turut merilis chip terbaru untuk desktopnya, yaitu chip M2 Ultra, model tertinggi dari seri chip M2 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun lalu. Chip ini dirancang dengan teknologi fabrikasi 5 nm dan diklaim 20 persen lebih cepat dibanding M1 Ultra.

Mac Studio M2 Ultra

Apple memboyong M2 Ultra yang baru dirilis ke perangkat desktop portabel Mac Studio terbaru. Mac Studio terbaru hadir dalam dua pilihan chip antara M2 Max atau M2 Ultra. Mac Studio ini dibekali RAM hingga 192 GB dan memori hingga 8 TB.

Mac Pro M2 Ultra

Selain Mac Studio, di WWDC 2023, Apple juga merilis perangkat desktop workstation Mac Pro terbaru yang juga telah didukung chip M2 Ultra. Mac Pro terbaru telah didukung dengan delapan port koneksi thunderbolt.

Macbook Air 15 inci

Macbook Air 15 inci didukung dengan koneksi Magsafe, USB tipe C, dan jack audio. Macbook Air 15 inci sudah bisa dipesan sekarang, tetapi baru mulai tersedia di pasar pada 13 Juni mendatang. Macbook Air 15 inci dibanderol mulai sekitar Rp 19 juta.

Baca juga: Nokia bangkit tak kenal menyerah

Apple terus berinovasi dengan teknologi yang dimilikinya. Melalui WWDC, Apple terus memperkuat hubungannya dengan pengembang dan memperkenalkan inovasi yang terus mendorong kemajuan di dunia teknologi.


0 comments:

Posting Komentar