Jumat, 12 Mei 2023

Mengharukan! Syabda Ikut Selebrasi Tim Bulutangkis di Sea Games 2023

Atlet bulutangkis Syabda Perkasa Belawa (pbsi.id)

Syabda merupakan atlet bulutangkis yang seyogianya ikut dalam Sea Games 2023, namun malang nasibnya karena kecelakaan mengakibatkan meninggal dunia sebelum perhelatan dimulai.

Tim beregu putra merah putih hari ini mengukir prestasi tertinggi di ajang Sea Games 2023 yang berlangsung di Morodok Techo Badminton Hall, Phnom Penh, Kamboja setelah mengandaskan perlawanan dari Malaysia dengan skor akhir 3-1 untuk kemenangan Indonesia. Dengan kemenangan ini, tim bulutangkis beregu putra Indonesia berhak membawa medali emas. 

Dalam laga pertandingan pertama, Malaysia menang usai kekalahan Chico Aura Dwi Wardoyo melawan Leong Jun Hao sehingga malaysia berhasil memimpin dengan skor 1-0. Namun tim Indonesia tidak putus harapan dan membalas di laga kedua yang mempertemukan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dengan Beh Chun Meng/Goh Boon Zhe dengan kemenangan sehingga kedudukan menjadi 1-1. Laga berlanjut di pertandingan ketiga yang menurunkan tunggal putra Indonesia atas nama Christian Adinata berhadapan dengan wakil Malaysia yaitu Lee Shun Yang. Pertemuan ini dimenangkan oleh Christian Adinata sehingga Indonesia berbalik memimpin dengan skor 2-1.

Pertandingan masih berlanjut dengan pertandingan ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan melawan Chia Weijie Liew Xun. Pasangan Indonesia ini sempat kewalahan di awal pertandingan babak pertama dengan kekalahan namun mereka dapat terus berjuang hingga mengunci kemenangan dengan skor 13-21 21-16 21-16. Dengan kemenangan ini, maka Indonesia dipastikan keluar sebagai juara dengan skor akhir 3-1. Indonesia berhak atas medali emas, sementara Malaysia harus puas berada di peringkat kedua yang mendapat medali perak. Sementara medali perunggu didapat bersama oleh Singapura dan Thailand.

Setelah kemenangan di kunci oleh pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, seluruh atlet bulutangkis sontak berlari ke tengah lapangan untuk berselebrasi atas prestasi yang telah mereka dapatkan. Tampak di tengah lapangan, jersey bertuliskan nama S P Belawa milik almarhum Syabda Perkasa Belawa dibentangkan oleh kapten tim Rehan Naufal Kusharjanto dan rekannya Zachariah Josiahno Sumanti bersanding bersama bendera merah putih dan seluruh atlet. Mereka memberikan penghormatan atas rekannya tersebut yang sudah tidak dapat bermain kembali di lapangan usai mengalami kecelakaan dan meninggal dunia pada tanggal 20 Maret 2023. Kecelakaan yang menimpa Syabda terjadi akibat mobil yang dibawa oleh ayahnya menabrak truk di Jalan Tol Pemalang, Jawa Tengah pada dini hari sehingga Syabda bersama ibunya akhirnya tidak terselamatkan dan meninggal dunia. Seluruh rekan seperjuangan di bulutangkis telah memberikan kado istimewa untuk Almarhum Syabda Perkasa Belawa dengan membawa kemenangan bagi Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar