Kamis, 18 Mei 2023

Sea Games 2023 Usai, Begini Nasib Para Atlet Indonesia

Timnas Indonesia meraih medali emas Sea Games 2023
Timnas Indonesia meraih medali emas Sea Games 2023 (pssi.org)

Pagelaran pentas olahraga se-Asia Tenggara atau Sea Games ke-32 telah usai. Kamboja selaku tuan rumah menyelenggarakan pesta penutupan di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh pada Rabu 17 Mei 2023 yang menampilkan sejumlah pertunjukkan seni.

Acara penutupan berlangsung tepat pukul 19.00 wib dengan tampilan atraksi musikal dari para artis ternama Kamboja. Selain itu, olahraga tradisional khas Kamboja yakni Kun Bokator turut memeriahkan acara. Sebelas negara peserta turut hadir menyaksikan dan menjadi bagian dalam parade atlet mengenakan pakaian olahraga dari negara masing-masing.

Selama penyelenggaraan Sea Games 2023, tim Indonesia tampil apik dan finish di posisi ke tiga. Perolehan medali emas sudah melebihi target bahkan Presiden Jokowi yang menargetkan 69 medali emas pun terpatahkan dengan semangat para atlet mengumpulkan pundi-pundi emas. Keluar sebagai juara umum adalah negara Vietnam yang mampu mengumpulkan 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu dengan total keseluruhan mencapai 355 medali. Peringkat kedua diraih negara Thailand dengan perolehan akhir 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu sehingga total medali yang berhasil diraih sebanyak 312. Indonesia sebagai peringkat tiga berhasil menyapu medali sebanyak 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu dengan total akhir medali terkumpul yaitu 276 keping. Tuan rumah Kamboja secara mengejutkan dapat finish di posisi keempat dengan perolehan 81 emas, 74 perak, dan 127 perunggu dengan total keseluruhan 282 keping medali. Secara berturut-turut klasemen selanjutnya adalah Filipina, Singapura, Malaysia, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Sebagai penanda berakhirnya Sea Games 2023 Kamboja menyerahkan bendera Sea Games kepada negara Thailand yang akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga ini pada 2025 mendatang. Dalam penutupan itu, bendera Thailand dikibarkan dan ditampilkan juga tarian kebudayaan dari negeri gajah putih tersebut.

Bagaimana Nasib Atlet Indonesia?

Sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada atlet yang berjuang pada Sea Games 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyatakan akan memberikan bonus kepada masing-masing peraih medali. Adapun prakiraan bonus yang akan di dapat atlet yang dilansir dari IDX Channel (klik disini) adalah sebagai berikut.

1. Rp500 juta untuk medali emas tunggal

2. Rp400 juta untuk medali emas ganda

3. Rp300 juta untuk medali perak tunggal

4. Rp240 juta untuk medali perak ganda

5. Rp120 juta untuk medali perak beregu

6. Rp150 juta untuk medali perunggu tunggal

7. Rp120 juta untuk medali perunggu ganda

8. Rp105 juta untuk medali perunggu beregu

Presiden Jokowi juga akan memberikan hadiah khusus kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil meraih medali emas di cabang sepak bola. Keberhasilan timnas U-22 meraih emas sudah sangat ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia karena selama 32 tahun terakhir tidak pernah didapat oleh Indonesia.  

Selamat atas raihan prestasi dari para atlet yang telah berjuang mengharumkan nama Bangsa. Nasib Atlet tergantung pada prestasi yang sudah mereka perjuangkan dan perhatian dari Pemerintah untuk kesejahteraan para atlet. Semoga bisa terus berprestasi dan menjunjung sportivitas membawa nama baik Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar