Sabtu, 23 September 2023

Business Trip Sehari Di Kota Jambi Paling Ideal


Tugu Keris Siginjay (dok.pribadi / Bambang JP)
Tugu Keris Siginjai Jambi (dok.pribadi / Bambang JP)

Mengunjungi Kota Jambi untuk keperluan business trip atau perjalanan bisnis mungkin menjadi hal yang kurang menyenangkan. Sewajarnya jika seorang pendatang yang berkunjung ke suatu kota tertentu, hal yang ada dipikirannya adalah keistimewaan apa yang akan ditawarkan dari kota tersebut. Begitu juga saat akan mengunjungi Kota Jambi yang disebut sebagai bumi melayu.

Melansir dari Bank Indonesia bahwa Jambi memiliki pertumbuhan perekonomian yang baik dengan pertumbuhan 5,22% triwulan IV 2022 dimana perekonomian ditopang dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan, dan penggalian. Sehingga wajar saja jika banyak orang-orang akan datang ke Jambi dalam rangka perjalanan bisnis. Namun, kesemua sektor ini tidak secara langsung berhubungan dengan ekonomi kreatif termasuk pariwisata sehingga para pelaku atau pekerja dalam melaksanakan business trip sudah pasrah tidak bisa menikmati kerja sambil wisata.

Memang hal ini perlu dipertimbangkan dikarenakan Kota Jambi belum banyak menyediakan destinasi wisata sehingga mereka yang sengaja datang ke Kota Jambi terkadang tidak memiliki minat menjelajah lebih jauh karena minimnya informasi Kota Jambi saat ini.

Baca juga: Staycation Sehari di Saoenk Bang Radja Sarolangun

Namun jangan khawatir, Kota Jambi masih bisa menjadi pelepas lelah perjalanan dan pengisi waktu diluar kerja serta wisata tipis-tipis untuk para pekerja yang sengaja datang untuk business trip. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk menikmati Kota Jambi dalam sehari.

1. Menikmati Embun Pagi di Danau Sipin

Jogging Track di Danau Sipin (nativeindonesia.com)
Jogging Track di Danau Sipin (nativeindonesia.com)

Salah satu spot yang bisa dikunjungi di awal pagi adalah Danau Sipin yang terletak tidak jauh dari Kantor Gubernur Jambi. Disini memiliki area jogging track sejauh 10.000 meter dengan pemandangan danau. Kesegaran udara di pagi hari sambil berolahraga membuat tubuh menjadi bugar dan siap menghadapi tantangan kerja seharian. Area ini juga pernah dipakai jogging oleh Menteri parekraf Sandiaga Uno saat kunjungan ke Kota Jambi. Danau Sipin juga memiliki spot untuk berpoto dan perahu-perahu yang bisa disewa.

2. Makan Siang di R.M. Bu Salma Khas Masakan Jambi

Selang istirahat siang setelah meeting bisa menyempatkan untuk mengisi perut dengan makanan khas dari Jambi. Rumah Makan Bu Salma yang terletak di Jalan Yusuf Singadekane dapat menjadi referensi kuliner yang tepat. Hidangan yang disajikan adalah masakan tradisional khas Jambi dengan nuansa kedai kayu lesehan sederhana namun terasa nyaman. Menu andalan tentu saja tempoyak yang menjadi makanan Khas Jambi berbahan durian yang difermentasi. Makanan ikan berkuah ini dihidangkan dengan lalapan dan sambal caluk (sambal terasi). Selain tempoyak, menu lain yang patut untuk dicoba yaitu brengkes (sejenis pepes ikan dengan bumbu tempoyak) dan pindang ikan.

3. Keindahan Sunset dari Jembatan Gentala Arasy

Setelah selesai meeting dengan klien atau hubungan business dengan vendor selama melakukan business trip di Kota Jambi jangan buru-buru pulang. Ada satu spot hits yang saat ini menjadi ikon Kota Jambi, namanya Jembatan Gentala Arasy. 

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/12/26/jembatan-dan-menara-gentala-arasy-bangunan-ikonik-di-jambi-terbaik-untuk-berwisata
Sunset dari jembatan Gentala Arasy (R.Putra/goodnewsfromindonesia.com)

Jembatan ini merupakan jembatan pedestrian yang diperuntukkan bagi pejalan kaki dengan panjang 503 meter serta lebar 4,5 meter yang membentang diatas sungai batanghari. Jembatan Gentala Arasy menghubungan wilayah Tepian Tanggo Rajo menuju Menara Gentala Arasy di Jambi Kota Seberang. Waktu sore menjadi momen yang pas karena dapat melihat warna jingga matahari yang menyinari bumi sebelum akhirnya terbenam. Di area pinggiran sungai juga tersedia jajanan yang bisa dicicipi, diantaranya jagung bakar, tekwan, es tebu, dan lain-lain.

Menghabiskan waktu malam di Kota Jambi memang sangat menyenangkan dengan sajian buah beraroma satu ini. Bermalam disini bukan berarti menginap, hanya sekedar duduk bersantai dengan sajian beragam durian lezat dengan kualitas premium. Lokasi Rumah Durian Jambi berada di Jalan H. Adam Malik yang tak jauh dari Bandara Sultan Thaha Jambi. Waktu buka Rumah Durian Jambi dari jam 10.00 pagi hingga 10.00 malam saja. Jenis buah durian yang tersedia adalah buah durian lokal, durian montong Palu, musang king Malaysia, Black thorn, Bawor, dll. Selain menu durian berkulit juga ada durian kupas yang dikemas. Tak ketinggalan ada cafenya juga untuk pesan fresh drink, coffee, atau makanan lain. Pecinta durian wajib datang kesini. 

5. Mengenal sejarah dari Tugu Keris Siginjai

Setelah puas menikmati buah durian, tidak berapa jauh dari lokasi rumah durian jambi akan dijumpai Tugu Keris Siginjai. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 9 meter dengan tinggi keseluruhan mencapai 28 meter. Monumen tugu dengan puncak berbentuk keris siginjai menjadi ikon Kota Jambi yang terletak di Kotabaru, bertepatan dengan Kantor Walikota Jambi. Tugu ini menampilkan kemegahan keris dari kerajaan Jambi dahulu. Pada badan Tugu Keris Siginjai akan dijumpai tulisan sejarah tentang keris ini. Salah satu tulisan meriwayatkan bahwa Keris Siginjai menjadi lambang dari kebesaran dan kepahlawanan Raja dan Sultan Jambi dahulu. Barang siapa yang memiliki keris tersebut maka dialah yang diakui sebagai penguasa kerajaan Jambi. Keris Siginjai telah dibawa ke Batavia saat pemerintahan Hindia Belanda dan sejak tahun 1904 menjadi koleksi Museum Nasional.

Akhirnya, Business Trip di Kota Jambi tetap terasa menyenangkan meskipun bukan menjadi tujuan untuk berwisata. Para pelaku business trip di Kota Jambi dapat berkegiatan bisnis dengan lancar dan juga masih dapat menikmati keistimewaan yang ditawarkan dari Jambi Kota Beradat.

0 comments:

Posting Komentar