Jumat, 22 September 2023

Pasar Komputer Tablet Bergairah, Katakan Selamat Tinggal pada Laptop!

menggunakan perangkat tablet untuk bekerja (pixabay/PhotoMIX-Company)

Pasar komputer tablet semakin banyak peminatnya dan digunakan oleh masyarakat sehingga membuat kebiasaan kerja mulai beralih dari penggunaan laptop ke perangkat satu ini.

Pasar komputer tablet saat ini semakin banyak peminatnya. Banyak Perusahaan berlomba-lomba memasukkan produk terbarunya di Indonesia diantaranya Samsung, Xiaomi, Huawei, maupun Apple sudah menyediakan banyak pilihan perangkat tablet dipasaran. Selain merk luar, produsen dalam negeri juga tidak mau kalah meraih konsumen lokal yaitu Advan. Semakin banyak produsen mengeluarkan produk komputer tablet membuat kebiasaan kerja masyarakat mulai beralih dari penggunaan laptop ke perangkat ini.

Baca juga: Membangun Tim yang Kuat dan Lingkungan Kerja yang Positif

Komputer tablet pada dasarnya adalah komputer portabel yang bentuknya menyerupai laptop. Bobotnya lebih ringan dibanding laptop karena di desain ergonomis yang tidak begitu banyak komponen perangkat keras seperti sebuah laptop. Komputer tablet terdiri dari perangkat berlayar semata tanpa disertai papan ketik meskipun saat ini banyak produsen menyediakan papan ketik tambahan agar memaksimalkan fungsi kerja. Efisiensi komputer tablet cenderung lebih baik karena minimnya perangkat keras dan penyesuaian pada perangkat lunak untuk kegiatan mobile yang berimbas pada daya tahan baterai yang lebih lama.

Berikut ini hal-hal yang membuat komputer tablet menjadi pilihan untuk pengganti laptop:

1. Kemudahan dalam mobilitas

Komputer tablet memiliki desain yang lebih simpel dengan bobot yang ringan sangat memudahkan untuk dibawa kerja kemana-mana. Tidak seperti laptop, komputer tablet lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam tas kecil dan beberapa jenis komputer tablet sudah mendukung penggunaan kartu SIM sehingga bisa selalu terkoneksi kemanapun kita pergi melalui jaringan selular. Komputer tablet dapat menjadi teman terbaik untuk perjalanan bisnis maupun sekedar pergi rapat keluar kantor.

2. Mendukung berbagai skenario penggunaan

Perangkat komputer tablet memiliki aplikasi yang mendukung beragam kegiataan yang serbaguna. Kita dapat lebih personal untuk menggunakan komputer tablet sesuai kebutuhan dan skenario yang diinginkan. Apabila ingin bekerja selayaknya pekerja kantoran sudah tersedia banyak jenis aplikasi office. Kemudian toko aplikasi dalam komputer tablet cenderung lebih menyerupai aplikasi telepon pintar seperti adanya aplikasi mobile perpesanan, permainan, menonton video hiburan, berbelanja atau untuk membaca buku elektronik. 

3. Daya tahan lebih lama

Seperti yang tertulis diatas, komputer tablet memiliki efisiensi baterai yang lebih baik dibanding laptop sehingga tidak perlu sering-sering mencari sumber daya listrik untuk mengisi ulang. Daya tahan baterai ini sangat menunjang aktivitas kerja di tempat-tempat yang tidak memiliki akses mudah ke stopkontak.

4. Aplikasi yang dirancang khusus

Komputer tablet memiliki akses ke aplikasi khusus yang terus berkembang seiring dengan kebutuhan dan minat masyarakat. Para pengembang aplikasi saat ini banyak yang membuat aplikasi untuk perangkat seperti komputer tablet. Bahkan, beberapa aplikasi lebih menarik dipakai pada komputer tablet dibandingkan laptop semisal aplikasi menggambar yang lebih optimal untuk layar sentuh pada perangkat komputer tablet. 

Meskipun komputer tablet memiliki keunggulan seperti yang tertulis diatas, untuk beberapa jenis pekerjaan yang membutuhkan hardware dan software selayaknya komputer sungguhan, peran laptop tetap tidak bisa digantikan karena komputer tablet memang didesain untuk mobilitas tinggi sehingga memiliki keterbatasan pada aplikasi yang tidak selengkap layaknya laptop.

0 comments:

Posting Komentar