Senin, 18 September 2023

Sedap Santap Ayam Bebek Bumbu Hitam Khas Madura di Kota Jambi

 

Menu utama nasi bebek bumbu hitam (dok. pribadi / Bambang JP)
Menu bebek bumbu hitam khas Madura (dok pribadi/Bambang JP)

Manakala perut sedang lapar selepas jalan jalan santai di sore hari, sekiranya bebek bumbu hitam khas madura ini layak menjadi salah satu pilihan bersantap malam. Dipadupadankan dari bumbu hitam kaya rempah dengan bebek goreng renyah menggugah selera makan.

Menjelajahi kuliner malam di Kota Jambi kini bertambah nikmat. Jika biasanya pilihan makanan hanya tertuju pada nasi uduk pecel lele, kini sudah ada satu kedai makan pinggir jalan baru dengan menu bebek bumbu hitam khas dari Madura.

Ayam Bebek Bumbu Hitam Madura telah dibuka kembali sejak 2022 karena sebelumnya sempat tutup untuk sementara.  Kedai makan ini buka mulai jam 18.30 hingga 22.30 malam. Viral di instagram dengan  media promosi menggunakan akun ayam bebek_bumbu_hitam madura kini bisa ditemukan di sebelah pasar keluarga Simpang kawat atau bisa dilihat dari seberang Shinta Bakery Tugu Juang Kota Jambi.

Baca juga: Tiada Drama dan Tangisan, Makan Jadi Lebih Nyaman

Menu yang disediakan meliputi nasi dengan pilihan lauk telur, ayam, dan yang favorit adalah bebek bumbu hitam. Hargapun cukup ramah di kantong berkisar Rp20.000,- hingga Rp35.000,- untuk paketan nasi. Sedangkan menu pendamping seperti sate kulit, kol goreng, pete goreng, hati ampela, tahu tempe berkisar Rp5000,-an. Selain bumbu hitam, ada opsi lain sambal matah untuk menemani selera makan. Minuman yang tersedia adalah teh, milo, minuman sachet, yang juga dimulai Rp5000,-an. Untuk tempat duduk bisa lesehan atau menggunakan kursi, tergantung ketersediaan karena memang ramai yang mengantri.

suasana malam di ayam bebek bumbu hitam madura (dok.pribadi / Bambang JP)
lesehan di ayam bebek bumbu hitam jambi (dok pribadi/Bambang JP)

Dilansir dari kompas.tv menjelaskan bahwa bumbu hitam merupakan racikan rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada hitam, ketumbar, kunyit, lengkuas, dan merica bubuk. Kesemua dari rempah tersebut ditumbuk atau dihaluskan hingga menjadi adonan bumbu hitam. Selain rempah yang kaya, pengolahan bebek juga direbus dengan bumbu khusus selama lebih dari satu jam baru kemudian di goreng matang dan di goreng kembali dengan bumbu hitam. Proses memasak dan beragam rempah inilah yang membuat bebek bumbu hitam menjadi makanan yang lezat.

Salah satu akun instagram penggemar ayam bebek bumbu hitam yaitu veniazaime memberikan tanggapan nikmatnya bebek yang berasa juicy dan lembut, mudah disuir-suir, bebeknya tidak amis dan bumbunya wangi sekali karena proses memasak hingga 6 jam.

Pastikan saat ingin menyantap ayam bebek bumbu hitam sudah siap menunggu karena biasanya antrian panjang oleh antusias warga Jambi dengan olahan makanan sedap satu ini.

0 comments:

Posting Komentar