Kamis, 14 September 2023

Sebelum Menjadi Darurat! Tips Ini Bantu Jaga Dirimu dari Udara Tidak Sehat

 

Ilustrasi polusi udara (pixabay/Chris_LeBoutillier)

Indonesia mengalami dampak polusi udara, beberapa kota memasuki level udara tidak sehat yang memicu serangan penyakit yang berbahaya.
Kondisi buruk mengancam Indonesia akibat polusi udara yang kian pekat. Dilansir melalui laman iqair.com pada hari selasa tanggal 12 September 2023 menunjukkan beberapa kota di Indonesia masuk kategori kualitas udara tidak sehat menggunakan ukuran AQI (Air Quality Index) versi Amerika Serikat yang menilai konsentrasi polutan udara tercemar di suatu daerah. Semakin tinggi angka pada indeks tersebut menunjukkan semakin berbahaya bagi kesehatan akibat pencemaran yang terjadi. Jakarta menunjukkan pengukuran kualitas di angka 152 AQI US yang tergolong tidak sehat sementara Tangerang Selatan menjadi wilayah terburuk dengan kualitas udara di angka 182 AQI US pada pengukuran hari ini.

Masih dilansir pada laman iqair.com, terdapat enam level kategori indeks yaitu level bagus di angka 0-50, level sedang di angka 51-100, level tidak sehat untuk kelompok rentan di angka 101-150, level tidak sehat di angka 151-200, level sangat tidak sehat di angka 201-300, dan level berbahaya di angka 300 keatas. Adapun bahaya yang dapat ditimbulkan berdasarkan artikel pada halodoc.com meliputi batuk, asma, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, maupun kelahiran prematur.

Polusi udara biasanya terjadi akibat faktor alam seperti kemarau panjang, emisi kendaraan yang menyebabkan udara tercemar, aktivitas pabrik yang menghasilkan emisi berbahaya, ataupun praktik pembakaran liar yang mengotori udara. Agar tidak mengalami gangguan dan masalah kesehatan, berikut ini beberapa tips dari klikdokter.com yang perlu diterapkan ketika berada di suatu wilayah yang berpolusi.

1. Menggunakan masker

Masker penting untuk digunakan saat keluar rumah guna menyaring partikel udara berpolusi yang terhirup ke organ pernapasan. Gunakanlah masker yang telah direkomendasikan seperti masker KN95.

2. Konsumsi makanan bergizi

Hal ini penting dilakukan agar daya tahan dan kekebalan tubuh tetap terjaga optimal. Dengan tubuh yang sehat akan mengurangi dan mencegah timbulnya dampak buruk polusi udara bagi tubuh kita. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin C dan E dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Cek berkala kualitas udara

Tidak ada salahnya untuk mengecek kualitas udara sebelum beraktivitas agar mengetahui seberapa berpotensi udara tercemar yang bisa mengganggu kegiatan. Apabila sangat buruk, lebih baik tetap berada di rumah, menutup jendela, pintu, dan menyalakan pembersih udara.

4. Hindari aktivitas di luar saat jam sibuk

Ketika ingin keluar rumah, usahakan jangan di jam sibuk. Jam sibuk biasanya banyak aktivitas kendaraan menimbulkan polusi. Usahakan melewati jalur pepohonan bila berjalan kaki keluar rumah.

5. Segera mandi setelah keluar rumah

Lindungi tubuh dari polusi dan partikel debu yang menempel pada pakaian, rambut, atau kulit. Polusi udara berpotensi memicu kulit keriput, kering, dan noda hitam. Jadi, setelah beraktivitas di lingkungan udara yang tercemar, usahakan segera mandi agar tidak memicu penuaan dini.

Selain menjaga diri, hendaknya kita juga menjaga lingkungan dari polusi dengan mengurangi bepergian dengan kendaraan, mengurangi perilaku merokok, serta melakukan penghijauan dengan menanam pohon.

0 comments:

Posting Komentar