Jumat, 28 April 2023

Teh Warna-Warni yang Menggoda

Ilustrasi menyeduh teh (Pexels/Valeria Boltneva)

Menjadikan minum teh sebagai gaya hidup dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Lantas, bagaimana dengan teh berwarna yang tak lazim? Apakah baik untuk dikonsumsi?

Budaya meminum teh sudah sejak dahulu menjadi kegemaran warga Indonesia. Teh mulai muncul di Indonesia pada sekitar tahun 1684 yang dibawa oleh Andreas Cleyer seorang ahli botani berkebangsaan Jerman. Potensi kekayaan alam dari perkebunan teh yang luas menjadikan teh akrab dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat, baik itu tua maupun muda serta tidak terbatas pada kelas sosial tertentu. Teh biasanya disajikan saat sarapan pagi bersama pisang goreng, menjamu tamu yang datang ke rumah, atau sekedar duduk santai sambil menikmati waktu senja di teras rumah.

Teh biasanya diminum dengan cara menyeduh pucuk daun atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman camellia sinensis dengan air panas sehingga menghasilkan aroma dan warna kuning keruh yang khas. Teh pada umumnya juga tidak hanya memiliki warna kuning yang keruh, tetapi ada juga yang berwarna putih, hijau, bahkan hitam. Saat ini, mulai bermunculan varian teh dari jenis bunga-bungaan dengan variasi warna dan rasa yang unik. Mengonsumsi teh tidak hanya menjadi gaya hidup, namun juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa teh yang memiliki warna yang menggoda serta mengandung khasiat di dalamnya yang patut dicoba:

1. Teh bunga rosella

Teh yang berbahan dasar dari kelopak bunga rosella ini memiliki warna merah yang mengandung vitamin C, vitamin A, serta asam amino yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

2. Teh bunga mawar

Teh ini memiliki warna merah muda atau pink yang dihasilkan dari mahkota bunga mawar kering. Teh mawar memiliki khasiat untuk meredakan nyeri haid, menenangkan perut dan liver, mengurangi lemak tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, menghaluskan kulit, serta dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

3. Teh bunga telang

Teh yang kaya akan antioksidan ini memiliki warna biru yang menarik. Selain warnanya yang sedap dipandang, juga memiliki khasiat yang dapat mencegah glikasi penyebab penuaan dini, anti inflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

4. Teh bunga krisan

Teh dengan tampilan cantik dan rasa yang enak ini memiliki warna kuning yang bening. Warnanya berasal dari seduhan bunga krisan yang dikeringkan. Adapun manfaat yang dihasilkan dari minum teh bunga krisan ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan peradangan pada tubuh, dan dapat mengobati masalah pernafasan.

Itulah beberapa jenis teh yang memiliki warna menggoda dan sedap dipandang. Jika ingin menjadikan minum teh sebagai gaya hidup, konsumsilah dengan bijak serta kurangi gula atau pemanis tambahan agar mendapatkan manfaat baiknya.

0 comments:

Posting Komentar